NewsNn GAME 10 Game Membuat Replika Piramida Mesir Yang Edukatif Untuk Anak Laki-Laki

10 Game Membuat Replika Piramida Mesir Yang Edukatif Untuk Anak Laki-Laki

10 Game Kreatif untuk Bikin Replika Piramida Mesir yang Seru dan Edukatif

Anak cowok mana yang nggak demen sama sejarah kayak kisah peradaban Mesir Kuno? Pasti pada pengin main peran jadi Firaun, bangun piramida, dan ngejar-ngejaran mumi. Nah, daripada cuma bengong di depan layar, mending ajak si kecil main game seru sekaligus belajar bikin replika piramida sendiri. Dijamin, makin jago sejarah dan kreatif!

1. Blok Bangun Piramida

Ini dia permainan klasik buat mengasah imajinasi dan kemampuan bangun ruang. Sediain aja blok-blok kayu atau plastik yang ukurannya sama. Minta si kecil susun blok tersebut sampai menyerupai piramida, jangan lupa pakai tahapan yang sama dengan piramida asli ya!

2. Lego Piramida

Buat yang punya koleksi Lego, bisa dimanfaatin buat bikin replika piramida juga nih. Serunya, Lego punya banyak bentuk dan warna, jadi anak bisa lebih berekspresi dan bikin piramida yang unik. Ajak si kecil susun Lego dari bagian dasar sampai ke puncak, sambil jelasin juga tentang teknik arsitektur Mesir Kuno.

3. Lipat Kertas Piramida

Yang satu ini cocok buat anak yang suka berkreasi pakai kertas. Ambil kertas berbentuk persegi dan ajak si kecil lipat sesuai pola piramida. Biar lebih kece, bisa pakai kertas warna-warni dan tulisin hieroglyph (huruf Mesir Kuno) di dinding piramida.

4. Playdough Piramida

Kalo punya playdough di rumah, bisa dimanfaatin juga buat bikin piramida yang kenyal-kenyal. Bentuk playdough jadi balok-balok kecil, terus susun sampai membentuk piramida. Ajak anak buat ngukur ukurannya dan pastiin sesuai sama proporsi piramida asli.

5. Kertas Piramida 3D

Ini dia permainan yang ngajarin anak tentang proyeksi 3 dimensi. Cetak template piramida dari internet, lalu gunting dan lipat sesuai garis. Rangkai template tersebut jadi bentuk piramida utuh. Dijamin, anak bakal merasa bangga banget sama hasil karyanya!

6. Sulap Botol Piramida

Ini permainan yang agak tricky, tapi seru banget dicoba. Siapkan 4 botol plastik dan 4 gelas kaca. Susun botol-botol tersebut membentuk piramida, lalu letakkan gelas di bagian atas. Minta anak menuangkan air ke dalam gelas, dan ajaibnya, air akan mengalir melalui botol-botol dan keluar dari dasar piramida!

7. Piramida dari Stik Es Krim

Kalau lagi punya stik es krim bekas, jangan dibuang dulu! Manfaatin buat bikin piramida yang anti-mainstream. Susun stik-stik itu jadi bentuk segitiga, terus rekatkan dengan lem. Lakukan berulang kali sampai terbentuk lapisan-lapisan piramida. Seru banget deh!

8. Bermain dengan Bongkahan Pasir

Kalo nggak bisa ke Mesir, ajak si kecil main di taman aja! Siapkan ember dan cetakan pasir berbentuk piramida. Minta anak mengisi cetakan dengan pasir, lalu tekan dan keluarkan. Jadi deh piramida dari pasir yang bisa dibongkar pasang dengan mudah.

9. Piramida dari Susu Kotak

Siapa sangka, kemasan susu kotak bisa disulap jadi piramida juga? Cuci bersih dan keringkan kemasan susu, lalu susun jadi bentuk piramida. Biar makin kece, bisa diwarnai atau ditempel kertas warna-warni.

10. Lukisan Piramida

Buat anak yang suka menggambar, bisa bikin replika piramida dengan cara melukisnya. Siapkan kertas gambar dan pensil, lalu ajarkan si kecil cara menggambar piramida step by step. Minta anak mewarnai piramida dengan warna-warna terang, biar kelihatan cerah dan megah kayak piramida asli!

Semua game ini nggak cuma seru dimainkan, tapi juga ngajarin anak tentang sejarah dan budaya Mesir Kuno. Jadi, ajak si kecil cobain game-game ini dan biarkan mereka menjelajah dunia yang penuh misteri dan keajaiban!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Bermain Game: Bagaimana Anak-anak Dapat Belajar Untuk Memilah, Menganalisis, Dan Menilai InformasiMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Bermain Game: Bagaimana Anak-anak Dapat Belajar Untuk Memilah, Menganalisis, Dan Menilai Informasi

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Bermain Game: Bagaimana Anak-Anak Dapat Belajar Memilah, Menganalisis, dan Menilai Informasi Di era digital yang serba cepat ini, kemampuan berpikir kritis menjadi sangat penting. Anak-anak