NewsNn GAME 10 Game Melawan Hama Pada Tanaman Yang Edukatif Untuk Anak Laki-Laki Yang Suka Berkebun

10 Game Melawan Hama Pada Tanaman Yang Edukatif Untuk Anak Laki-Laki Yang Suka Berkebun

10 Permainan Seru Lawan Hama Tanaman untuk Pecinta Berkebun Junior

Halo, para pencinta berkebun muda! Tak hanya asyik nan mendidik, berkebun juga punya tantangannya sendiri, yaitu hama tanaman. Tapi jangan khawatir, mari kita taklukkan hama itu dengan 10 permainan seru ini!

1. Petak Umpet Hama

Sembunyikan ulat atau aphids di balik daun tanaman. Ajak anak untuk menemukan para hama yang bersembunyi itu. Siapa yang paling banyak menemukan, dialah pemenangnya!

2. Serangan Air

Bekali anak dengan semprotan air. Minta mereka menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke hama seperti kutu daun atau kutu putih. Air akan melumpuhkan dan menjatuhkan hama dari tanaman.

3. Si Kapur Ajaib

Gulung koran berbentuk silinder dan tutupi dengan kapur tulis. Arahkan kapur ke hama pada batang atau cabang tanaman. Kapur akan mengiritasi hama dan menyebabkannya jatuh.

4. Jemuran Damai

Jemur daun yang terserang laba-laba merah atau tungau laba-laba di bawah sinar matahari langsung. Panas matahari akan membunuh hama-hama yang suka kelembapan ini.

5. Cuka Asam

Semprotkan campuran air dan cuka (1:1) ke hama seperti ulat atau belalang. Cuka bersifat asam dan akan mengusir atau membunuh hama.

6. Patroli Bawang Putih

Tanam bawang putih di sekeliling tanaman yang rentan hama. Bawang putih melepaskan senyawa yang mengusir banyak jenis hama.

7. Pasukan Sachet Cabe

Isi sachet kecil dengan bubuk cabe. Gantung sachet di sekitar tanaman untuk mengusir hama seperti kutu daun atau thrips yang tidak tahan terhadap capsaicin.

8. Tawanan Tali

Ikatkan tali di sekitar batang tanaman yang terserang siput. Lendir siput akan menempel pada tali, sehingga siput tidak bisa naik lebih tinggi dan memakan tanaman.

9. Sihir Minyak Nem

Campurkan minyak nem dengan air (1:10) dan semprotkan ke tanaman. Minyak nem berfungsi sebagai pestisida alami yang dapat mengusir dan membunuh berbagai jenis hama.

10. Prajurit Lebah

Buat sarang kecil untuk lebah di pekarangan. Lebah adalah predator alami berbagai hama, seperti kutu daun dan thrips. Selain itu, mereka juga menjadi penyerbuk yang sangat bermanfaat bagi buah-buahan dan sayuran.

Melalui permainan-permainan seru ini, anak-anak tidak hanya belajar cara mengatasi hama tanaman, tetapi juga mengembangkan kreativitas dan kecintaan mereka pada alam. Jadi, tunggu apalagi? Mari beraksi melawan hama dan pastikan taman kita tetap sehat dan subur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post